Minggu, 03 April 2016

Perbedaan Americano dan Long Black

Hampir semua tau apa itu kopi hitam, bagai mana bentuk nya dan rasa nya tapi tidak semua tau bahwa banyak sekali variant dari kopi hitam itu sendiri.
Salah satu contoh nya adalah perbedaan antara Americano dan Long Black.
Dalam postingan ini saya memberikan pandangan singkat tentang dua jenis kopi ini. Ini penting dimana penikmat kopi awam pasti bertanya tanya mengapa secangkir kopi bisa memiliki rasa yang berbeda? Padahal sekilas dari bentuk dan warna nya hampir sama, mengapa saya bilang hampir sama? Karena kalau kita lihat lebih detil, terlihat jelas perbedaan nya.
Americano
Dalam bahasa Itali, Americano artinya Amerika, atau dalam penerapan nya adalah gaya amerika. Mengapa demikian? Di penghujung abad 19, kita mengenal istilah Espresso, minuman ini langsung populer karena manfaat nya untuk menjaga kesadaran penikmat nya, karena proses pembuatan nya minuman ini menghasilkan ekstrak kopi yang sangat kental dan terasa sangat pahit, nah dari dasar minuman ini lah banyak tercipta pengembangan jenis minuman kopi yang sampai saat ini kita kenal.
Karena memang sejarah nya Americano adalah minuman para tentara Amerika pada saat perang dunia I & II dan pada kala itu lidah pada tentara paman Sam itu tidak terlalu familiar dengan kopi yang terlalu pahit, oleh karena itu mereka mencampur nya dengan air panas dan sampai saat ini masih di sediakan di banyak coffee shop di dunia. Rumor mengatakan, Americano ini lah yang banyak memberikan semangat para tentara Amerika untuk tetap maju di medan perang bahkan saat invasi mereka di daerah timur tengah.
Long Black
Dari bahasa nya kita tahu bahwa ini berasal dari bahasa Inggris yang kalau di arti kan perkata menjadi "panjang" dan "hitam". Pengantian umum nya menjadi "hitam panjang".
Sebelum saya menjelaskan arti nama yang sedikit aneh itu, mari kita cari tau asal kopi dan cara pembuatan nya.
Jauh di belahan Bumi dari Amerika, minuman ini berasal dari benua Australia dan New Zeland. Sejarah kopi di daratan ini juga tidak bisa di anggap enteng, banyak beberapa jenis kopi di sediakan di coffee shop berasal dari daerah ini, Long Black salah satu nya. Lalu apa yang membedakan antara Americano dan Long Black?
Memiliki bahan yang sama dengan Americano, kopi ini memliki "gaya" sendiri dalam proses pembuatan nya, kalau Americano mencampur espresso dengan air panas sedangkan Long Black mencampur air panas dengan espresso. Bingung yaa?...
Yup, ga usah bingung, karena di dunia kopi sebuah metode itu sangat mempemgaruhi rasa dan karakteristik minuman itu sendiri.
Singkat kata perbedaan antara dua minuman tersebut teletak pada timing pencampuran espresso itu sendiri sehingga menghasilkan rasa dan sensasi yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar